Bagaimana menggali IDE tipe INTUITING

Oleh Dodi Rustandi

Saat melihat orang Intuiting kepalanya miring ke kiri dan otak kanan atasnya mengarah keatas. Sepertinya, itulah moment dia sedang memfungsikan otak kanan atasnya utk browsing atau searching mencari ide atau gagasan.

Ide nya orang Intuiting itu menarik utk kita ketahui dan pahami. Selalu ada saja hal yg cetar membahana dari ide sang Intuiting ini.
Tetapi bagaimana caranya kita mengetahui ide sang Intuiting ini secara mendalam ?

Sementara Intuiting itu bahasanya seperti BAHASA LANGIT.

Hanya dia dan TUHAN saja yang tahu.. 😉
Dari pengalaman saya terkait dengan klien bertipe Intuiting, kecenderungannya adalah sang Intuiting kurang merespon ketika diberikan ARAHAN atau PERNYATAAN. 

Misalkan kalimat pernyataannya adalah : 

“Ayo jelaskan ide kamu ” 
Pernyataan ini cenderung akan mendapatkan respon secara garis besarnya saja atau kulitnya saja. Kenapa begitu? Karena tipe Intuiting itu penggali alternatif, sebuah pernyataan akan mengurung kebebasan alternatif yg di miliki.
Akan berbeda hasilnya ketika PERTANYAAN yang di sampaikan , contoh :

” ide kamu itu seperti apa ya ? ” 
Sebuah pertanyaan akan memberi ruang kebebasan berekspresi bagi tipe Intuiting. Maka kebebasan inilah yg menstimulus tipe Intuiting mendapatkan TRUST utk menggambarkan idenya secara lebih gamblang. Dan jika dirasa masih belum jelas ide yg disampaikan, JUST KEEP ASKING! 
Pesan saya, bersabarlah selalu saat bertanya kepada Intuiting :). Dan jangan lupa colek dia klo udah beberapa saat zonk hening ga ada respon… Hehe jangan sampai udah naik ke langit terus lupa turun ke bumi tuh.. 😉
Salam dari pecinta langit biru..

DR STIFInMan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>